Senin, 15 Oktober 2012

Tugas 1 : Etika Bisnis Dalam Berbisnis


Soal :
Buatlah sebuah tulisan atau artikel tentang apakah pelaku bisnis yang ada disekitar kita menggunakan etika didalam menjalankan bisnisnya? Jika tidak, bagaimanakah bentuk pelanggarannya? Apakah faktor penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya?

Jawab :
Bisnis adalah suatu rangkaian kegiatan ekonomi untuk memperoleh keuntungan yang telah direncanakan. Sedangkan Etika adalah suatu komitmen untuk melakukan apa yang benar & menghindari apa yang tidak benar. Pada intinya, Etika Bisnis ialah suatu kode etik perilaku pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma tersebut yang dijadikan tuntunan dalam membuat  keputusan bisnis.

Etika bisnis berperan penting dalam memberikan kepercayaan terhadap kelompok atau individu internal dan eksternal perusahaan tersebut.

Pada prakteknya ada beberapa perusahaan yang menjalankan etika bisnis dengan benar dan ada juga yang tidak. Sebagai contoh penerapan etika bisnis di tempat saya bekerja, anggap saja saya bekerja di PT X, yang berdomisili di Cakung, Jakarta Timur. Ditempat saya bekerja semua karyawan baru, memperoleh penyuluhan/training wajib yang isinya adalah mengenai :

1.      Product Knowledge
Yaitu pengetahuan mengenai produk-produk apa saja yang kita buat, proses produksinya bagaimana, konsumen kita siapa saja, kapasitas produksi per bulan berapa, tipenya apa saja dll.
2.      Potensi Bahaya dan dampak Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Ialah penjabaran mengenai aktivitas-aktivitas produksi yang membahayakan bagi karyawan. Contoh : potensi bahaya terjepit mesin, potensi bahaya terkena tumpahan bahan kimia, potensi bahaya kebakaran apabila salah dalam penerapan SOP (Standard Operation Procedure)
3.      Peraturan Perusahaan
Setiap karyawan baru, menjalani sebuah proses training selama 3 bulan, kemudian baru perjanjian kontrak kerja selama 1 tahun. Selama 3 bulan tersebut dijelaskan mengenai peraturan-peraturan kerja yang boleh atau dilarang dalam melaksanakan suatu pekerjaan sehari-hari. Diantaranya : mengenai disiplin kerja, menjaga produk-produk yang dibuat, mematuhi SOP, serta sanksi-sanksi apabila melanggar aturan-aturan tersebut.

Contoh tersebut diatas, menurut saya perusahaan saya sudah menjalankan etika bisnis dengan benar, jika dilihat dari sisi internal perusahaan. Sedangkan kalau dari sisi eksternal contohnya adalah :
1.  Melakukan pelaporan secara berkala mengenai aktivitas AMDAL (analisis dampak lingkungan) ke pemerintah terkait.
2.      Melakukan kegiatan donor darah
3.      Melakukan sunatan massal untuk masyarakat sekitar
4.      Bersama-sama RT setempat, melakukan penghijauan, memberikan bingkisan lebaran dll

Sebenarnya apa yang telah dilakukan oleh PT X adalah hal-hal yang wajar, karena sudah memenuhi aturan-aturan yang telah diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar