Tugas 3 : Promosi dan
Pemasaran yang beretika
Soal : Buatlah sebuah tulisan atau artikel tentang bagaimana
seharusnya produsen mempromosikan suatu produk barang atau jasa kepada konsumen
dilihat dari sisi kepentingan perusahaan dan hak-hak konsumen.
Jawab
:
Banyak dari kita yang dipengaruhi dan
dimanipulasi, lebih jauh dari kenyataan dalam pola kehidupan kita setiap
harinya. Usaha skala besar yang dibuat kadang-kadang dengan keberhasilan yang
impresif, saluran kebiasaan kita yang tidak terpikirkan, keputusan pembelian
dan proses gagasan kita dengan menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari
psichiater dan ilmu-ilmu sosial. Secara khusus usaha ini berada dibawah tingkat
kesadaran kita, supaya mempertimbangkan pergerakan kita yang sering dalam
sebuah perasaan tersembunyi.
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak
langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk sehingga
mengubah pikiran konsumen untuk melakukan pembelian. Fungsi dari iklan adalah :
1.
Iklan
sebagai pemberi informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar.
2.
Iklan
sebagai pembentuk pendapat umum tentang sebuah produk
Prinsip
– prinsip etis dalam iklan terdiri dari :
- Iklan harus
menyampaikan semua informasi tentang produk yang diiklankan.
- Iklan tidak
mengarah pada tindakan yang bertentangan dengan moralitas.
- Iklan tidak
mengarah pada pemaksaan.
- Iklan tidak
menyampaikan informasi yang palsu dengan maksud memperdaya konsumen.
Dalam komunikasi pemasaran yang harus
diterapkan adalah konsep pemasaran yang beretika secara keseluruhan. Namun
tidak dapat dipungkiri, banyak pemasar yang tidak mengacu pada konsep pemasaran
yang beretika. Karena pada kenyataannya jika dilihat dari segi profit, orang
cenderung berprinsip dalam jangka pendek dan para pelaku bisnis akan berusaha
memperoleh keuntungan dengan segala cara. Sedangkan pada .konsep pemasaran
selalu memperhatikan kepentingan masyarakat dengan program jangka panjang. Kita
kadang berharap seorang tenaga penjualan tidak berbohong kepada kita, tapi yang
lainnya membutuhkan dari seorang tenaga penjualan sepenuhnya dan jumlah yang
seimbang terhadap keuntungan dan kerugian yang kita masukan kedalam transaksi
yang ditawarkan.
Etika umum mensyaratkan untuk mengatakan
kebenaran merupakan satu hal yang menunjang pada setiap jenis komunikasi
pemasaran. Ketidaksukaan masyarakat yang mendalam untuk kebohongan dan
ketidakjujuran, disana banyak penghindaran hukum dan peraturan lainnya untuk
jenis kelakuan yang tidak beretika dalam iklan, penjualan, public relations dan
seterusnya.
Jelaslah bahwa tanpa tanggung jawab
bisnis akan berharap untuk menemukan sisi salah dari persyaratan ini, tapi
disana banyak ketetapan untuk scope keputusan dalam menghormati aspek
kepercayaan yang dipresentasikan komunikasi pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar