Sabtu, 27 Oktober 2012

Tugas 3 : Promosi dan Pemasaran yang beretika


Tugas 3 : Promosi dan Pemasaran yang beretika
Soal : Buatlah sebuah tulisan atau artikel tentang bagaimana seharusnya produsen mempromosikan suatu produk barang atau jasa kepada konsumen dilihat dari sisi kepentingan perusahaan dan hak-hak konsumen.

Jawab :
Banyak dari kita yang dipengaruhi dan dimanipulasi, lebih jauh dari kenyataan dalam pola kehidupan kita setiap harinya. Usaha skala besar yang dibuat kadang-kadang dengan keberhasilan yang impresif, saluran kebiasaan kita yang tidak terpikirkan, keputusan pembelian dan proses gagasan kita dengan menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari psichiater dan ilmu-ilmu sosial. Secara khusus usaha ini berada dibawah tingkat kesadaran kita, supaya mempertimbangkan pergerakan kita yang sering dalam sebuah perasaan tersembunyi.
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk sehingga mengubah pikiran konsumen untuk melakukan pembelian. Fungsi dari iklan adalah :
1.      Iklan sebagai pemberi informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar.
2.      Iklan sebagai pembentuk pendapat umum tentang sebuah produk

Prinsip – prinsip etis dalam iklan terdiri dari :
  1. Iklan harus menyampaikan semua informasi tentang produk yang diiklankan.
  2. Iklan tidak mengarah pada tindakan yang bertentangan dengan moralitas.
  3. Iklan tidak mengarah pada pemaksaan.
  4. Iklan tidak menyampaikan informasi yang palsu dengan maksud memperdaya konsumen.

Dalam komunikasi pemasaran yang harus diterapkan adalah konsep pemasaran yang beretika secara keseluruhan. Namun tidak dapat dipungkiri, banyak pemasar yang tidak mengacu pada konsep pemasaran yang beretika. Karena pada kenyataannya jika dilihat dari segi profit, orang cenderung berprinsip dalam jangka pendek dan para pelaku bisnis akan berusaha memperoleh keuntungan dengan segala cara. Sedangkan pada .konsep pemasaran selalu memperhatikan kepentingan masyarakat dengan program jangka panjang. Kita kadang berharap seorang tenaga penjualan tidak berbohong kepada kita, tapi yang lainnya membutuhkan dari seorang tenaga penjualan sepenuhnya dan jumlah yang seimbang terhadap keuntungan dan kerugian yang kita masukan kedalam transaksi yang ditawarkan.
Etika umum mensyaratkan untuk mengatakan kebenaran merupakan satu hal yang menunjang pada setiap jenis komunikasi pemasaran. Ketidaksukaan masyarakat yang mendalam untuk kebohongan dan ketidakjujuran, disana banyak penghindaran hukum dan peraturan lainnya untuk jenis kelakuan yang tidak beretika dalam iklan, penjualan, public relations dan seterusnya.
Jelaslah bahwa tanpa tanggung jawab bisnis akan berharap untuk menemukan sisi salah dari persyaratan ini, tapi disana banyak ketetapan untuk scope keputusan dalam menghormati aspek kepercayaan yang dipresentasikan komunikasi pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar